Rabu, 26 Juli 2017

11 Aplikasi Smartphone Gratis Yang Wajib di Miliki Seorang Fotografer

Tags

Pada artikel kali ini saya akan memberikan saran 11 aplikasi gratis yang harus anda miliki ketika menjadi seorang fotografer. Di artikel kali ini kalian tidak akan menjumpai aplikasi mainstream seperti Snapchat, Instagram, Lightroom atau bahkan Photoshop.

Mungkin anda akan menjumpai banyak aplikasi asing yang akan saya sarankan pada artikel ini yang belum pernah kalian dengar sebelumnya. Namun aplikasi yang akan saya sarankan kali ini sudah mendapat banyak tempat bagi para penggiat fotografi dan sangat berperan sekali dalam pekerjaan seorang fotografer.
11 Aplikasi Gratis Yang Wajib di Miliki Seorang Fotografer
11 Aplikasi Gratis Yang Wajib di Miliki Seorang Fotografer
Dan yang paling penting aplikasi yang akan saya rekomendasikan ini benar-benar gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan fitur penuhnya seperti aplikasi berbayar pada umumnya.

Gratis tidak berarti mereka juga kurang berharga, ada beberapa aplikasi yang saya pasang di smartphone saya dan benar-benar sangat membantu saya.

Yah mungkin sudah cukup basa-basinya langsung saja, inilah daftar 11 aplikasi gratis yang dapat membantu anda dalam hobi maupun pekerjaan fotografi anda yang pasti wajib anda miliki :

1. Yr.no
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Yr.no
App created by NRK - Size: 42.8 MB
Yr adalah aplikasi cuaca dari Norwegian Meteorological Institute dan NRK. Saya memiliki banyak aplikasi cuaca dalam beberapa waktu ini, namun yang ini sejauh ini yang paling bisa diandalkan yang pernah saya gunakan. Aplikasi ini pernah menyelamatkan saya dari pembatalan pemotretan yang penting karena memberi tahu saya bahwa hujan akan berhenti saat semua saluran cuaca lainnya berkata lain. Hujan berhenti, saya menghindari malapetaka, dan sejak hari itu saya tidak pernah menggunakan yang lain.

Jangan biarkan fakta bahwa aplikasi ini bahasa Norwegia membuat Anda tidak aktif seperti yang tertulis dalam bahasa Inggris dan berisi lebih dari 10 juta lokasi dari seluruh dunia. Jika Anda berada di luar lokasi kepanduan atau melakukan pengambilan gambar secara acak di tempat yang baru, fungsi GPS akan menemukan prediksi cuaca untuk lokasi terdekat anda yang jauh lebih akurat daripada mengetik dengan nama kota terdekat. Aplikasi ini tidak pernah meninggalkan halaman pertama smartphone saya dan membukanya setiap hari. Jika anda melakukan jenis fotografi di luar rumah (outdoor), maka saya sangat merekomendasikan untuk menginstal aplikasi yang satu ini.

Platform : Tersedia di iOS dan Android.

2. Pocket Light Meter
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Pocket Light Meter
App created by Nuwaste Studios - Size: 31.4 MB
Karena saya selalu membawa smartphone saya maka berarti saya selalu memiliki pengukur cahaya dengan saya juga. Bahkan di era digital, saya menemukan bahwa keuntungan yang sangat besar karena saya dapat dengan cepat membaca dan langsung tahu jenis pengaturan dan alat apa yang perlu saya siapkan bahkan sebelum saya membuka tas kamera saya. Saya masih cukup teratur syuting film untuk pekerjaan pribadi saya dan walaupun saya memiliki pengukur cahaya tradisional sendiri, aplikasi ini tampil sama baiknya untuk kebutuhan saya dan akibatnya berarti pengukur cahaya saya bisa tetap tinggal di rumah dengan tenang.

Fitur lain yang berguna dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mencatat pembacaan cahaya. Hal ini sangat berguna saat lokasi pengambilan gambar tidak sesuai rencana dari waktu pengambilan foto sebelumnya. Log juga dapat diunggah ke Evernote yang mungkin bermanfaat bagi beberapa orang, serta disimpan di memori kamera telepon. Saya bisa melihat banyak fotografer pernikahan yang menggunakan fungsi log untuk membantu mendokumentasikan berbagai lokasi yang mungkin mereka bidik pada saat sibuk.

Platform : Tersedia di iOS dan Android.

3. Releases
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Releases
App created by Snapwire Media, Inc. - Size: 30.9 MB
Ini adalah suatu keharusan bagi setiap fotografer profesional yang secara teratur memerlukan formulir bentuk model atau properti. Saya memiliki aplikasi ini di kedua iPhone dan iPad saya dan meskipun banyak yang memilih untuk menggunakan aplikasi semacam ini di layar yang lebih besar, saya menemukannya seperti fungsional pada telepon yang lebih kecil. Tidak seperti aplikasi serupa dari jenis ini, Aplikasi ini mencakup semua template standar industri yang Anda perlukan, dari Snapwire, ASMP, Getty Images, dan Shutterstock. Untuk alasan ini, saya merasa lebih percaya diri dengan menggunakan aplikasi ini daripada aplikasi lain yang hanya menghasilkan bentuk formulir generik.

Bagi mereka yang belum pernah menggunakan aplikasi seperti ini sebelumnya, Releases menghasilkan formulir untuk semua orang yang terlibat dalam pengambilan gambar secara elektronik dengan jari mereka di layar sentuh. Setelah itu, gambar bisa dilampirkan ke form untuk referensi dan kemudian file PDF secara otomatis dikirim via email. Keindahan menggunakan aplikasi melalui alternatif kertas tradisional adalah hal-hal yang cenderung hilang dan salinan tambahan dapat dengan mudah diproduksi. Selain itu, mungkin ada saat-saat ketika Anda menemukan diri anda berada dalam situasi spontan dengan kamera anda dan mendapatkan bentuk pengambilan gambar yang sangat menguntungkan. Selama anda membawa smartphone anda, selama itu pula formulir pemotretan akan selalu berjarak dekat dengan anda.

Platform : Tersedia di iOS.

4. Sun Route
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Sun Route
App created by Tomislav Pongrac - Size: 14.7 MB
Aplikasi Sun Route akan memberitahu Anda di mana posisi matahari akan berada pada waktu tertentu dan juga pada hari tertentu. Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan kamera di smartphone anda ke langit dan aplikasinya akan menunjukkan posisi matahari secara otomatis, mudah bukan?. Matahari yang dihasilkan komputer dialihkan ke tampilan smartphone sehingga anda dapat benar-benar melihat secara real time bagaimana cahaya akan berinteraksi dengan lingkungan sekitar anda saat ini. 

Saya sangat suka menggunakan aplikasi ini saat melakukan pengambilan foto outdoor karena hal itu sangat membantu saya untuk tidak mendapatkan kejutan buruk pada hari pemotretan. Aplikasi ini telah memberi tahu saya bahwa matahari tidak akan menjadi tempat yang saya inginkan sampai waktu tertentu dan juga akibatnya, saya dapat merencanakan hal-hal yang sesuai keinginan saya. 

Saya benar-benar berpikir banyak bidang fotografi akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi ini dari fotografer landscape bahkan fotografer real estat. Ingin menemukan tempat yang sempurna untuk pengambilan gambar sunset namun matahari tidak berada di tempat yang tepat saat matahari terbenam? Anda dapat mempercepat beberapa minggu di aplikasi ini dan melihat kapan waktu yang tepat untuk mengambil foto tersebut. Dapatkah Anda membayangkan berapa banyak usaha yang akan dilakukan tanpa teknologi? Mulai sekarang tinggalkan peralatan manual anda di rumah!

Platform : Tersedia di iOS.

5. GorillaCam
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - GorillaCam
App created by Joby Inc. - Size: 22.4 MB
GorillaCam yang di buat oleh Joby adalah aplikasi kamera yang memiliki banyak fitur seperti time-lapse, self-timer shots, dan rapid-fire photo series. Saya sudah menggunakan aplikasi yang satu ini selama bertahun-tahun karena saya merasa lebih berguna daripada aplikasi kamera asli ponsel sendiri. 

Salah satu fitur yang layak disebutkan adalah remote shutter control. Singkatnya, ini memungkinkan satu perangkat dengan aplikasi mengambil gambar dari sebuah kamera telepon dari jarak jauh ke telepon lain. Saya belum pernah menggunakan fungsi ini tapi saya dapat melihat bagaimana ini bisa berguna untuk mengkreasi foto pemotretan anda secara lebih kreatif. Salah satu fitur yang saya gunakan terus-menerus adalah fitur time-lapse saat membuat video BTS saat memotret.

Saya suka menggunakannya di Instagram jadi saya mengaturnya sampai 60 detik terakhir yang merupakan waktu maksimum platform media sosial saat ini yang di izinkan. Satu hal yang ingin saya tunjukkan tentang fitur time-lapse adalah bahwa telepon harus selalu terjaga saat memotret. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan cara mengalihkan fungsi auto-sleep di dalam pengaturan telepon anda, setelah itu, saya menyalakan kecerahan di layar sampai turun untuk menghemat daya baterai. Dan juga yang paling penting untuk menjaga telepon dari getaran, hal ini bisa di selesaikan dengan menggunakan tripod.

Platform : Tersedia di iOS.

6. Sylights
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Sylights
App created by Somi Jeon - Size: 15.7 MB
Sylights memungkinkan Anda membuat diagram pencahayaan sehingga Anda dapat mencatat dengan saksama segala sesuatu pada hari itu. Saya menemukan aplikasi ini sangat berguna untuk klien komersial saya yang sering meminta saya untuk menciptakan kembali momen sebelumnya yang telah kita lakukan bersama. Saya dapat dengan mudah membaca referensi ponsel saya untuk menyegarkan ingatan saya tentang apa yang telah kami lakukan. 

Jika saya cukup beruntung untuk memiliki asisten yang bekerja dengan saya, saya dapat mengirim diagram lama sebelumnya sehingga kita semua tahu bagaimana keadaan akan terlihat pada hari itu. Diagram juga menghentikan saya untuk melupakan bagian penting dari peralatan karena saya dapat merujuk ke aplikasi saat saya mengemasi perlengkapan saya pada malam sebelumnya. Aplikasi itu sendiri memiliki semua ikon yang mungkin Anda perlukan untuk mendokumentasikan penyiapan pencahayaan anda dan sangat mudah digunakan. Ini benar-benar membantu membuat hidup berjalan lebih mulus selama pemotretan anda.

Platform : Tersedia di iOS dan situs mereka.

7. Hyperfocal DOF
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Hyperfocal DOF
App created by Javier Cancio Del Busto - Size: 3.5 MB
Baru-baru ini saya menulis tentang ilmu jarak hyperfocal dan kedalaman fokus sebagai konsep fotografi yang patut dipahami. Bagi mereka yang berjuang dengan persamaan matematika yang terlibat, Hyperfocal DOF akan melakukan semua kerja yang sulit untuk Anda. Cukup pilih model kamera anda dari daftar, setel focal length dan aperture yang Anda gunakan, dan klik "Calculate Hyperfocal" dan Anda akan diberi jarak terdekat di mana lensa dapat difokuskan sekaligus menjaga objek tetap dalam bidikan. Saya suka menggunakan aplikasi ini saat mencoba mengetahui kombinasi lensa dan kamera mana yang terbaik untuk melakukan pemotretan tertentu. Mengetahui hal-hal seperti ini sebelum pengambilan gambar benar-benar menghemat banyak waktu pada hari itu.

Platform : Tersedia di iOS.

8. WiFi Photo Transfer
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - WiFi Photo Transfer
App created by Voxeloid Kft - Size: 10.7 MB
Aplikasi yang satu ini adalah keharusan bagi pengguna iPhone yang membuat album di Camera Roll mereka. Untungnya aplikasi ini ada karena Apple dalam kebijaksanaannya yang tak terbatas memutuskan untuk membuatnya sangat sulit bagi pengguna untuk melakukan album foto individual yang mungkin mereka buat. 

Saya pribadi menggunakan smartphone saya untuk mengumpulkan dan mengatur gambar untuk mendapatkan inspirasi, mendokumentasikan kondisi lokasi, dan membangun suasana hati. Selama smartphone dan laptop saya bisa berbagi koneksi Wi-Fi yang sama, maka saya akhirnya bisa masuk ke smarphone melalui browser web laptop dan dengan mudah mendownload semua isi album menjadi file zip yang praktis. Ini sangat berharga saat saya ingin mengirim sesuatu ke klien saya.

Platform : Tersedia di iOS.

9. My Tide Times
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - My Tide Times
App created by jRuston Apps - Size: 34.9 MB
Jika Anda mengambil gambar di dekat pantai, maka aplikasi ini adalah unduhan yang vital bukan hanya agar keinginan anda berjalan sesuai rencana, tetapi juga untuk membuat Anda tetap aman. My Tide Times akan memberi tahu anda ketinggian dan waktu pasang surut untuk lokasi yang anda butuhkan. Aplikasi ini mendukung lebih dari 9.000 stasiun pasang surut di lebih dari 40 negara sehingga lokasi anda paling mungkin di lingkupi oleh aplikasi ini. 

Saya telah menggunakan ini untuk secara akurat memberi tahu saya kapan air pasang akan sejauh mungkin sehingga kita bisa memaksimalkan waktu yang harus kita ambil di pantai.

Platform : Tersedia di iOS dan Android.

10. Magic Hour
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Magic Hour
App created by Elfinda Apps - Size: 15.3 MB
Waktu emas adalah waktu di sekitar matahari terbit dan terbenam saat cahaya sangat bagus untuk fotografi. Meskipun aplikasi ini berukuran hanya 15,3 MB, itu benar-benar memukul telak kita. Aplikasi ini akan memberi tahu anda semua yang perlu anda ketahui kapan dan berapa lama waktu emas yang sedang berlangsung untuk lokasi anda saat ini, ringkasan cuaca yang singkat, dan juga waktu matahari terbit dan terbenam. 

Jika itu tidak cukup ada bagian jam bulan yang memungkinkan anda mengetahui bulan terbit berikutnya dan kapan bulan purnama berikutnya akan muncul. Saya sangat suka menggunakan fungsi notifikasi jadi saya akan diberitahu sebelum waktu-waktu emas ini dimulai. Ini telah menyelamatkan saya beberapa kali saat saya berjalan sedikit terlalu lambat ke suatu lokasi.

Platform : Tersedia di iOS.

11. Dark Skies
Aplikasi wajib bagi para penghobi fotografi - Dark Skies
App created by Nathan Stryker - Size: 38.3 MB
Yang satu ini untuk para fotografer yang suka menangkap formasi bintang yang jelas di langit namun ingin menghindari jalan bintang yang panjang. Yang perlu anda lakukan adalah memilih kamera pilihan anda di menu aplikasi, masukan panjang fokus lensa anda, dan Dark Skies akan menggunakan aturan 600 untuk menghitung berapa lama pemaparan yang dapat anda dapatkan. 

Saya suka menggunakan aplikasi ini karena menghindari uji coba dan kesalahan saat melakukan pemotretan. Saya cenderung melakukan perhitungan sebelum saya meninggalkan kenyamanan mobil hangat saya sehingga saya bisa meminimalkan lama saya dalam kedinginan. Fitur bagus dari aplikasi ini adalah "Mode Malam" yang menayangkan kecerahan layar dan warnanya jadi jika anda menggunakannya saat berada di lapangan, anda tidak kehilangan penglihatan malam anda dengan sangat cepat.

Platform : Tersedia di iOS dan Android.

Jadi begitulah, 11 aplikasi yang dalam beberapa segi bisa membantu saya untuk mengambil gambar yang lebih baik. Semua aplikasi yang disebutkan bekerja di iPhone dan jika mungkin saya juga terhubung dengan versi Android juga. Keindahan dari jenis aplikasi ini adalah mereka tidak akan pernah jauh dari tangan saat anda membutuhkannya. Saya harap anda akan menghargai bagaimana telepon anda bisa menjadi alat vital dalam proses fotografi anda.

Sumber(Translated) : www.fstoppers.com/apps/11-free-apps-i-couldnt-live-without-photographer-188876 | Original Content Written by Paul Adshead

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon